Penggunaan Aplikasi Bluino Loader




Tutorial
-
-

Bluino merupakan hardware mikrokontroller pengembangan dari Arduino uno yang telah ditambahkan modul bluetooth HC05, sehingga menjadikan Bluino dalam cara pemogramannya bisa menggunakan Android secara wireless melalui komunikasi bluetooth. Aplikasi Bluino Loader berfungsi untuk menulis baris program/sketch dan mengunggah baris program/sketch tersebut ke Bluino hardware. Bluino Loader dapat didownload dari playstore secara gratis. Aplikasi Bluino Loader disusun berdasarkan pada aplikasi Turbo Editor oleh VladMihalaci dan aplikasi opensource lainnya.


Langkah awal untuk dapat menggunkan Bluino, buka aplikasi playstore pada androidmu kemudian search dengan kata kunci "Bluino Loader" seperti gambar dibawah.






aplikasi ini berukuran sekitar 30MB dan setelah dinstalkan akan membutuhkan ruang memori internal sekitar 150MB, maka pastikan ruang memori di androidmu mencukupi sebelem menginstal aplikasi ini.


Apabila kapasitas memori masih besar untuk melanjutkan instali pilih aplikasi Bluino Loader dan setelah itu tekan install


Setelah proses instalasi selesai (100%), buka aplikasi Bluino Loader, apabila muncul jendela seperti gambar dibawah tekan allow untuk mengaktifkan perangkat bluetooth.


ketika muncul pada layar seperti gambar dibawah, tekan open a file/buka file, kemudian pilih salah satu file .ino yang ada didalam folder BluinoLoader (folder examples->02.Basic->Blink->Blink.ino). Apabila pertama kali membuka file setelah proses intalasi, Bluino Loader akan mengekstrak tool yang dibutuhkan aplikasi, jadi tunggu sampai proses ini selesai.


Kamu akan memasuki layar editor seperti gambar dibawah, disini kamu bebas menulis dan mengedit baris program/sketch. Pada layar editor terdapat dua icon disebelah kanan atas yaitu icon upload(tanda panah kekanan) dan icon monitor(layar monitor).


Icon upload berfungsi untuk mengcompile baris program pada layar editor, setelah proses compile berhasil akan muncul layar seperti dibawah, selanjutnya memilih perangkat bluetooth (Bluino hardware) untuk memprogram Bluino hardware kamu.


Apabila sebelumnya belum melakukan proses pairing dengan Bluino hardware, tekan tombol "scan for device" untuk mencari Bluino hardware yang terdekat dan pilih Bluino hardware tersebut. Masukan kode pairing standar "1234".


Tunggu beberapa saat hinggga proses upload berhasil. Perhatikan pada Bluio hardware ketika proses upload led biru akan berkedip sampai proses berhasil.

Icon Serial monitor hanya berfungsi pada Bluino Loader Pro. Serial monitor berfungsi sebagai interface antara Bluino hardware dengan android, dimana ketika program memiliki fungsi "Serial" seperti Serial.read() dan Serial.println(). Perhatian pada Bluino hardware, baudrate komunikasi serial harus diset pada "115200" dengan cara Serial.begin(115200).






Share it!
5 24

Hubungi kami :

SMS/WA : 0856-2414-5129
mansurkamsur@gmail.com

Pembayaran :

Rek. a/n Mansur
: 3791392410
: 0247173041
: 1320007366264

pengiriman :

Tentang kami :

Kami adalah toko elektronik online yang menyediakan sebagian kecil komponen elektronik untuk keperluan project prototype anda