9 Okt 2019

15 - LCD HelloWorld

LCD HelloWorld

Menampilkan tulisan 'HelloWorld!' biasa digunakan pertama kali latihan suatu bahasa pemrograman baru. Begitu juga pada latihan sekarang akan mencoba untuk menampilkan tulisan menggunakan sebuah LCD.

Liquid Crystal Display (LCD): dirancang untuk bisa menampilkan tulisan huruf, angka, dan karakter khusus. Selain Serial monitor LCD sangat bagus digunakan untuk menampilkan secara fisik sebuah data atau nilai variabel tertentu. LCD banyak diaplikasikan dalam peralatan elektronik seperti kalkulator, jam, penampil sederhana dan masih banyak lagi. Menambahkan sebuah LCD pada project Arduino kamu dapat membuat terlihat lebih praktis ketika membutuhkan cara untuk menampilkan informasi tulisan sekitar 32 karakter (16x2).

Menggunakan LCD bersama Arduino memerlukan sedikit tambahan komponen tertentu untuk LCD dapat bekerja secara optimal sperti potensiometer digunkan sebagai pembagi tegangan untuk mengatur kontras dari tulisan pada layar LCD, dan sebuah resistor untuk membatasi arus pada lampu layar belakang LCD.

Kebutuhan Komponen:

— 1 x Arduino UNO
— 1 x Breadboard
— 1 x LCD 1602
— 1 x Potensiometer
— 1 x Resistor 330Ω
— 15 x Kabel Jumper

Rangkaian:


Perakitan:



Upload Sketch:

Untuk mengisikan program ke board Arduino melalui PC/Laptop dapat menggunakan software Arduino IDE.

Apabila kamu tidak mau menggunakan PC/Laptop untuk mengupload sketch/program ke board Arduino, kamu masih bisa menggunakan handphone Android untuk mengisikan program ke Arduino menggunakan aplikasi Bluino Loader, cara uploadnya pun bisa dua cara melalui USB dengan menggunakan adapter OTG atau melalui Bluetooth.

Cara lain dapat juga upload sketch langsung melalui aplikasi ini ke Arduino melalui USB OTG atau Bluetooth dengan cara menekan ikon upload (tanda panah ke kanan) di bawah.
/*
  15 - LCD HelloWorld

  LCD akan menampilkan tulisan "Hello World" dan menampilkan waktu seberapa lama (detik) setelah push button reset ditekan.
*/

#include           //librarry liquid crystal kumpulan perintah untuk menampilakan karakter pada layar LCD

LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);   //memberitahu Arduino pin mana saja yang dihubungkan dengan LCD

void setup() {                     

  lcd.begin(16, 2);                 //memberitahu libarry LCD bahwa kita menggunakan layar LCD berukuran lebar 16 karakter dan tinggi 2 karakter
  lcd.clear();                      //membersihkan layar
}

void loop() {

  lcd.setCursor(0,0);               //set kursor pada posisi 0 (pojok kiri atas)
  lcd.print("Hello, world!");       //menampilkan hello, world! pada posisi awal

  lcd.setCursor(0,1);               //memindahkan pada posisi 1 dibaris kedua
  lcd.print(millis()/1000);         //menampilkan angka detik seberapa lama setelah push button reset ditekan
}

Cara menggunakan:

Layar LCD akan menampilkan tulisan “Hello, world!” dan pada baris bawahnya menampilkan angka penghitung naik setiap detiknya. Atur knob potensiometer untuk merubah kontras dari tulisan pada layar LCD.


0 comments:

Posting Komentar