9 Okt 2019

Instal Arduino IDE

Instal software Arduino IDE

Pendahuluan

Pada bagian ini kamu akan diajak untuk download, instal, dan pengetesan software Arduino (disebut juga sebagai Arduino IDE - singkatan dari Integrated Development Environment). sebelum instalasi ada beberapa yang kamu akan perlukan:

— Sebuah komputer (Windows, Mac atau Linux).
— Sebuah board Arduino.
— Kabel USB A-to-B.

Pertama pergi ke halaman Arduino download software dan dapatkan software Arduino versi terbaru yang sudah release dan stabil. pastikan versi yang didownload sesuai dengan sistem operasi dikomputer kamu.

Download Arduino IDE

Proses instalasi cukup mudah, namun disesuaikan dengan sistem operasi pada komputer kamu. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu kamu.

Windows

Versi windows dari software Arduino memberikan dua pilihan: sebuah installer atau zip file. Installer sangat mudah hanya dengan mendownloadnya kemudian jalankan executable file untuk memulai instalasi kemudian ikuti langkah demi langkah sampai selesai.


Apabila kamu memilih untuk mendownload versi zip file dari software Arduino. Kamu perlu mengekstrak file ke lokasi folder yang kamu pilih, dan software Arduino langsung bisa digunakan tanpa harus melakukan instalasi.

Setelah selesai melakukan proses instalasi software arduino apabila kamu menggunakan versi Arduino Uno yang memakai CH340 sebagai chip USB to serial maka kamu perlu menginstal driver tambahan supaya board Arduino kamu dapat terbaca oleh komputer, sedangkan jika kamu menggunakan versi Arduino Uno R3 yang memakai Atmega16U2 sebagai chip USB to serial maka board Arduino kamu bisa langsung digunakan dan terbaca oleh komputer.

Mac

Software Arduino untuk versi Mac hanya terdapat versi zip file. Setelah selesai mendownloadnya, kemudian double-click .zip file untuk mengekstraknya.


Selanjutnya kamu perlu menyalin Arduino application ke dalam folder Application untuk menyelesaikan proses instalasi.

Linux

Sebagai pengguna Linux tidak heran lagi kalau ada banyak versi Distro Linux, masing-masing dengan proses instalasi yang berbeda. Simak pada bagian Linux dari tutorial Instalasi Arduino disitus Arduino untuk beberapa link yang dapat membantu untuk bermacam-macam distribusi Linux.

Bagi pengguna Ubuntu dan Debian, instalasi dapat dilakukan semudah menjalankan "apt-get", dengan perintah seperti:



1 comments:

AGRES mengatakan...

Makasih udah share info ini ya, bermanfaat.
Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya : https://www.agres.id atau cek di https://linktr.ee/agres.id

Posting Komentar