9 Okt 2019

Instal Bluino Loader

Instal Aplikasi Bluino Loader

Pendahuluan

Sebelum kamu menghubungkan Arduino dengan smartphone Android. Terlebih dahulu kamu perlu instal aplikasi Bluino Loader dan pastikan smartphone kamu mendukung USB OTG. Apabila sudah mendukung dan telah menginstal aplikasi Bluino Loader, kamu memerlukan kabel USB OTG untuk menghubungkan antara Arduino dengan smartphone Android.

Jangan khawatir jika smartphone Android kamu belum mendukung USB OTG, kamu masih dapat mengupload sketch dari smartphone Android dengan cara lain yaitu melalui koneksi bluetooth dan kamu hanya memerlukan hardware tambahan modul Bluetooh HC-05.

Instal Aplikasi

Mulai dengan membuka playstore pada kolom pencarian ketik "Bluino Loader" atau kamu dapat klik link di bawah dan buka dengan playstore.

Bluino Loader!


Setelah Bluino Loader selesai didownload dan telah terinstal, langkah selanjutnya coba untuk buka file baru dan tunggu sebuah proses ekstrak tools selesai, sebelumya pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang kosong sekitar 250MB.


Dengan menginstal Bluino Loader pada Android, kamu tidak perlu menginstal driver hardware karena sudah mendukung untuk board Arduino dengan driver USB: CDC/ACM, FTDI (RedBoard), PL2303, CH34X and CP210X.

Upload Blink

Akhirnya sekarang waktunya membuka aplikasi Bluino Loader. Kamu akan diperlihatkan dengan sebuah interface terlihat seperti berikut:


Mari kita coba upload sebuah sketch Blink untuk memastikan bahwa setup Arduino benar-benar berfungsi. Geser layar dari kiri ke kanan untuk membuka menuDrawer pada Bluino Loader, kemudian pilih Open file > examples > 01.Basics > Blink untuk membukanya.

Sebelum kita dapat mengirimkan kode program kedalam Arduino, ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan.

Pilih tipe Board

Langkah ini diperlukan untuk memberitahu Bluino Loader, jenis board apa yang sedang kita gunakan. Geser layar dari kanan ke kiri unutk membuka menudrawer setting. Kemudian pilih Board Arduino yang sesuai yaitu UNO/Bluino dan pastikan pada mode USB mode.


Upload!

Setelah selesai dengan pengaturan, Sekarang kamu siap untuk upload kode program! Klik ikon Upload (tanda panah kekanan) dan biarkan Bluino Loader melakukan compile dan upload kode kamu. Biasanya ini memerlukan waktu 10-20 detik untuk menyelesaikan proses tersebut. Ketika kode telah berhasil terisi kedalam Arduino, kamu akan melihat tampilan seperti ini:


Dan jika kamu melihat ke board Arduino, kamu akan melihat sebuah LED yang terhubung dengan pin 13 menyala selama satu detik, mati selama satu detik, menyala selama satu detik, dan terus seperti itu berulang-ulang. Jika kamu ingin mengatur waktu jeda ketika LED tersebut berkedip, coba untuk merubah nilai “1000” pada baris kode delay(1000);.

Ada sesuatu yang salah?

Uphs! Jika kamu tidak melihat pesan “Done Uploading”, dan terdapat sebuah error, ada beberapa yang perlu kita periksa kembali.

Jika kamu mendapatkan keterangan error “Error Upload” pada layar kamu.


Kemungkinan pemilihan board dan serial port yang tidak cocok. Yakinkan tipe Arduino UNO telah dipilih (pada “Board” menu).


0 comments:

Posting Komentar